Ririn Berubah Jadi Pocong! Part 1


Thread kali ini diambil dari akun twitter @arangga_aria yang menceritakan seorang kenalannya yang berubah jadi pocong. Apakah itu mungkin? Mari kita baca saja threadnya..

Gunung Salak

Kalian pasti pernah melihat "penampakan" entah secara langsung atau di video. "Penampakan" itu biasanya ya emang mahluk halus. Lalu, apa kalian pernah lihat manusia yang masih hidup berubah jadi pocong? Ini pernah benar - benar terjadi, aku saksi hidupnya.

Ada baiknya kalian tidak terlalu serius saat membaca ini, jika merasa bahwa pengalamanku ini sangat menakutkan. Anggap saja ini cerita bohong dan tak pernah benar-benar terjadi. Anggap ini hanya sebuah cerita dongeng pengantar tidur.


Seperti kataku di awal tadi, aku mau ceritain pengalamanku waktu aku jadi tour guide pendakian ke Gunung Salak. Dimana salah satu orang yang aku "kawal" itu jadi pocong. Aku gak pake gambar - gambar gitu, emang ga ada dokumentasinya dan bisa kalian bayangkan sendiri bentuknya.


Februari 2008, waktu itu aku masih kelas 2 SMA. Sebetulnya waktu itu sekolahku sedang siap-siap mau study tour ke Jogja. Sayangnya aku ga ikut, soalnya aku gak punya biaya. Waktu itu biaya ke Jogja sekitar 400-500 ribu rupiah. Betul, aku orang yang kurang mampu. Sebelum berangkat ke Jogja, pernah kumpul di masing - masing kelas. Aku jadi bahan bully'an anak - anak, karena di kelasku cuma aku satu - satunya anak yang gak ikut.

Wali kelas juga ikut - ikutan ngeledek "harusnya kamu nabung dari dulu, yang lain ikut ke Jogja cuma kamu doang engga, orang tuamu berarti gak sayang kamu" seisi kelas ngetawain. Siapa juga yang ga bakal marah diledek kayak gitu, rasanya pengen berhenti sekolah aja. Tapi disitu aku coba kuatin hati, aku maksain senyum padahal pengen nangis. Mereka gatau keadaanku kayak gimana, waktu itu tetep berangkat sekolah walau gadikasih uang jajan.


Keadaan orang tuaku waktu itu sulit, sampe kita sekeluarga jarang makan dari situlah aku mulai Puasa Daud. Awalnya bukan karena mau ibadah, tapi dari kelaparan ya mending puasa aja. Lama - lama jadi kebiasaan. Disaat anak - anak lain kalo pulang sekolah pada main, aku udah mulai kerja. Kerja ini itu, uangnya aku kasihin buat nyokap sama adek perempuanku. Kalo ada sisa juga sering ku tabung buat bayar SPP atau beli LKS.


Waktu SMA, aku cari uang dari jualan kantong plastik, koran kadang juga ojek payung, jual bunga, kuli panggulsampe ngumpulin gelas aqua. Semua ku lakuin yang penting dapet uang. Nah saat keberangkatan ke Jogja, sekolahkan libur dan disitu aku kerja.

Aku jadi kuli panggul di pasar, pas lagi panggul tepung terigu ternyata ada kakak kelasku yang ngeliat. Dia nyamperin terus nanya "Aria lagi ngapain? Aria ga ikut ke Jogja? Nanti malam Aria ke rumah kakak, ini alamat sama nomor HP kakak. Ongkosnya kakak kasih, tapi Aria datang ya."

Selesai nguli di pasar, uangnya ku belanjain sayuran sama beras terus langsung pulang. Disitu aku cuma ganti baju, langsung pergi ke rumah kakak kelasku yang tadi. Disitu aku ketemu abangnya dan dikenalin, terus ngobrol deh kita.


Abangnya bilang "Aria tetep semangat, sekolah yang bener, nanti keluarga kita pasti bantu. Aria mau ikut ke Gunung Salak gak? Abang ada kerjaan, Aria temenin abang."

Intinya aku dapet kerjaan jadi Tour Guide ke Gunung Salak, bayarannya 500 ribu untuk 4 hari 3 malam. Subuhnya aku bawa perlengkapan langsung ke rumah si abang lagi. Kita ketemuan sama anak - anak yang mau ke gunung itu di Lido. Total ada 9 orang, aku berdua sama si abang, yang punya "acara" ada 7 orang (4 cowok 3 cewek) orang Jakarta.

Waktu itu badanku kecil, aku jadi tukang bawain Logistik, meskipun berat aku paksain aja, demi uang. Sesekali cewek yang ikut rombongan nanya "Aria berat ga?". Aku senyum aja sambil bilang "Udah biasa kak" padahal berat banget itu.


Singkat cerita kita nyampe gunung jam 5 sore. Langsung bikin tenda soalnya udah gelap. Selesai bikin tenda aku nyari kayu bakar buat api unggun nanti malam. Di malam pertama kita semua kumpul kelilingi api unggun. Semua seneng - seneng, main gitar, bakar jagung juga minum bandrek. Oiya, di rombongan itu aku yang paling muda, umur 17 tahun. Sementara yang lain umurnya kisaran 23-25 tahun. Si abang yang paling tua.

Di malam itu kita bikin "Game" peraturannya, semua harus jawab jujur dengan pertanyaan yang diberikan. Kalo gamau jawab, mukanya dicoret - coret pake spidol.

Game dimulai, botol diputar. Pertama botol ngarah ke cowok 1, dia nanya ke cewek yang namanya Mita. Si cowok nanya "Apa disini ada cowok yang kamu suka? Kalo ada sebutin namanya." Mita ngejawab "ada" tapi gak sebutin namanya , cuma ngasih petunjuk. Cuma merekala yang tau.


Botol diputar lagi, semua kebagian ditanya dan ngejawab. Karena udah larut, kita sepakat itu putaran terakhir. Botol diputar berhenti di cewek yang namanya Laras. laras nanya ke cewek sebelahnya namanya Ririn, "Rin, apa yang paling Ririn takutin ?" semua bilang "Huu, seram" sambil senyum Ririn jawab "Ririn takut kalo nanti Ririn mati, Ririn jadi hantu penasaran, gentayangan terus nakut - nakutin kalian." semua ketawa.


Itu malam jadi malam yang bikin tidur gak tenang.

Di malam keduanya, keanehan mulai jadi terasa, waktu itu Ririn nyariin mantelnya, dia tanya "Ada yang liat mantel Ririn gak? Dicari kok ga ada ya." Semua cewek masuk ke tenda nyariin mantelnya Ririn. Tapi mantel ga ketemu, terus Ririn bilang "Aduh.. itu mantel kesayangannya Bapak, Ririn belum minta izin sama Bapak, kalo ilang gimana?"

Semuanya ikut nyari, tas diperiksa, semua sudut tenda diperiksa. Tapi tetep aja gak ketemu. Karena udah malem juga, semuanya sepakat besok pagi mau nyari lagi.


Semua istirahat, disini kita bikin 3 tenda. Tenda pertama, sebelah kiri itu aku sama si abang. Tenda cewek di tengah dan tenda cowok di kanan. Di saat yang lain masuk tenda, aku gatau mereka udah tidur atau belum, aku sama si abang ngobrol. Lagi asik ngobrol si abang ngeliat sesuatu, terus nanya "Aria, abang gak salah liatkan ya, itu apaan ya?" Aku juga liat, kaget. Ternyata ada yang ngelayang, yang ngelayang itu warna putih, pertama aku nyangkanya itu pocong atau kuntilanak ternyata yang ngelayang itu mantel, mantelnya warna putih.

Aku nanya ke si abang "Bang, itu mantel, mantel Ririn kali ya? Ambil yu bang."

Si abang bilang "Jangan diambil, kayanya mantel itu dipake sama jin, jangan disamperin, takut ada apa - apa biar besok aja."
Aku? yaudah nurut aja, orang aku juga takut mau ngambil mantelnya.


Itu mantel ngelayangnya lumayan lama, aku sama si abang ngeliatin aja terus tapi ga berani ngambil. Mantel sempet muterin tenda cewek, terus ilang gitu aja ga tau mau kemana tu mantel perginya. Si abang gemeteran, ngomong aja gak jelas, apalagi aku takutnya kaya gimana tau.

Si abang bilang "Aria baca doa, abang tidur duluan ya, Aria jaga sampe jam 2. Nanti kalo ada apa - apa bangunin abang." (Aku sama si abang gantian ronda, aku jaga pertama). Si abang udah ngorok aja, aku yang masih ketakutan karena ngeliat mantel ngelayang. Tapi aku gak sendirian, aku ditemenin rokok dan bandrek.

Gak lama dua cewek keluar. Ririn sama Laras, mereka pengen buang air kecil katanya, minta dianterin. Di gunungkan ga ada WC umum kayak terminal. Mau gak mau kita harus turun, ke sungai. Sebelum ke sungai aku bangunin si abang. Eh, dia tidurnya kayak kebo, susah dibangunin. Mau gak mau, akulah yang nemenin mereka berdua ke sungai. Jaraknya lumayan jauh, aku jalan paling depan.

Di perjalanan tiba - tiba ada orang yang manggil "Rin, tunggu". Kita bertiga berhenti, ngeliat ke belakang ga ada siapa - siapa. Laras nanya "Siapa yang manggil ya, Rin? Si Mitakan lagi tidur". Ririn bilang "Gatau ah, ayo cepetan udah gak tahan". Pas nyampe di sungai, mereka buang air, aku jaga. Jaraknya sekitar 5-10 meter. Tau - tau Ririn bilang "Eh, itu apa putih - putih?". Nah loh kaget. Ternyata yang putih itu mantelnya Ririn, mantelnya ada di sebuah batu yang lumayan gede di tengah - tengah sungai. Yang ambil mantelnya? Ya aku.

Ririn bilang "Ini mantel siapa yang naro disini sih? Bercandanya keterlaluan ah". Aku gak banyak ngomong, padahal sebelumnya aku sama si abang ngeliat jelas kalo itu mantel ngelayang sendiri.

Dari sungai, kita langsung balik ke tenda, di deket api unggun ada Mita, Ririn nanya "Ta, kau tadi ada pas aku mau ke sungai, kau manggil ya?" Mita langsung jawab "Orang baru bangun, kaget kalian berdua ga ada. Nih lagi bikin bandrek". Padahal itu suara jelas banget, kembali ku silent mulut ini. Ga banyak ngomong, mereka masuk tenda. Aku? Gabisa tidur, aku masih kepikiran mantel yang ngelayang, suara yang manggil Ririn sama gimana bisa itu mantel ada di sungai.

Singkat cerita, di malam ketigalah yang bikin aku gak pernah lupa sama kejadian di Gunung Salak dan gak pernah mau lagi nginjek Gunung Salak. Cukup itu yang pertama dan terakhir.

Semuanya lagi ngumpul di luar, ngelilingi api unggun. Kita berbagi cerita sambil nikmati kopi, wedang jahe dan singkong bakar. Gak terasa udah jam 2. Nah Ririn bilang "Dingin banget ya, tunggu aku mau pake mantel dulu". Dia masuk ke tenda, awalnya gak ada yang aneh. Semua terkejut pas Ririn tiba - tiba ngejerit. Kita semua ke situkan, di dalam tenda si Ririn kayak yang kesurupan. Dipegangin sama banyak orang, tapi semuanya pada gak kuat nahan. Tenda sampe rusak.

Ririn teriak "lepasin, lepasin!" dia nyoba ngelepasin mantelnya, tapi ga bisa lepas - lepas juga. Kita semua bingung, pada panik. Ririn loncat kayak pocong.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ririn Berubah Jadi Pocong! Part 2

Santet Part 7